Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pemerintah akan Tingkatkan Kemampuan IT Seluruh ASN

ilustrasi kerja dengan laptop/ google picture

Di era serba digital saat ini, sebahagian pekerjaan tak terlepas dari perangkat elektronik, terlebih pekerjaan terkait dengan administrasi perkantoran.  Bila beberapa tahun sebelumnya, dimana pekerjaan administrasi masih dilakukan dengan cara menggunakan mesin ketik manual sehingga untuk menyelesaikan satu item pekerjaan membutuhkan waktu yang banyak. 

Berbeda dengan saat ini, seluruh pekerjaan terkait administrasi dapat dilakukan menggunakan komputer/ laptop. Kehadiran teknologi banyak memberikan dampak positif dalam aktifitas kehidupan manusia. 

Butuh keahlian untuk mengoperasikan sebuah perangkat komputer, setidaknya dasar-dasar pengoperasian komputer seperti microsoft office word, excel dan power point untuk membuat dan mencetak sebuah dokumen laporan maupun dokumen lainnya.

Saat ini, pemerintah sedang menyusun program-program pelatihan bagi seluruh Aparatur Sipil Negara (ASN). Program pelatihan yang direncanakan tersebut akan difokuskan pada kemampuan ASN di bidang teknologi informasi dalam jaringan. “Jangan sampai ada PNS yang tidak tahun soal IT, karena sekarang berbasis IT” ujar Menpan-RB, Asman Abnur seperti dikutip dari laman menpan.go.id (21/10/2016).

Menpan-RB juga mengatakan bahwa akan memperdayakan semua lembaga pelatihan termasuk Lembaga Administrasi Negara. Program pelatihan ini untuk seluruh ASN, karena ASN harus memiliki keahlian khusus tidak hanya sekedar keahlian administratif. “Kami tingkatkan terus kemampuannya (ASN), mungkin ada kursus selama tiga atau enam bulan secara reguler”, ujar Menpan.