Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Menghubungkan Beberapa Laptop Untuk Entri Aplikasi PMP

menghubungkan laptop

Aplikasi Penjamin Mutu Pendidikan (PMP) merupakan suatu mekanisme yang sistematis, terintergrasi dan berkelanjutan untuk memastikan seluruh proses penyelenggaran pendidikan telah sesuai dengan standar mutu dan aturan yang ditetapkan.

Secara otomatis Aplikasi PMP akan mengambil entitas data pokok dari Aplikasi Dapodik seperti data profil sekolah, PTK, PD dan lainnya. Selanjutnya Aplikasi PMP akan menampilkan daftar pertanyaan/kuesioner untuk masing-masing entitas data tersebut.

Dikalangan operator sekolah banyak muncul pertanyaan apakah pengerjaan Aplikasi PMP bisa dilakukan dengan menggunakan lebih dari satu laptop? jawabannya tentu bisa. Bagaimana tidak muncul pertanyaan demikian, aplikasi PMP memuat puluhan bahkan ratusan soal kuisioner untuk setiap PTK, Pengawas, Komite serta Peserta Didik. Hal ini tentu menyita banyak waktu seorang operator sekolah bilamana tugas pengisian PMP dilimpahkan kepada operator sekolah.

Untuk mempermudah dan menghemat waktu, pengerjaan PMP dapat dilakukan dengan cara menghubungkan laptop yang terinstal aplikasi PMP dengan laptop guru atau lainnya, berikut langkah-langkahnya :

Tahapan Melihat IP Laptop/ PC
  • Hidupkan laptop yang terinstal aplikasi PMP, kemudian klik start menu (atau tekan tombol logo windows pada keyboard).
  • Pada kolom search programs and files ketikan cmd, hal ini untuk mengetahui alamat IP sebuah laptop/ PC (Internet Protocol)

  • Ketik "ipconfig" lalu tekan enter

 
  • Jika berhasil, maka muncul deretan adapter, perhatikan tulisan IPv4 Address yang di akhiri deretan nomor, nomor tersebut adalah IP laptop/PC kemudian catat nomor IP tersebut.

Setelah tahap mengetahui alamat IP laptop, selanjutnya menghubungkan ke beberapa laptop untuk mengerjakan PMP. Untuk tahap percobaan, silahkan hubungkan terlebih dahulu laptop yang terinstal aplikasi PMP dengan satu laptop lainnya (laptop yang tidak ada aplikasi pmp/dapodik), berikut tahapannya :

Tahapan Menghubungkan Laptop/ PC
  • Buka aplikasi PMP dari laptop yang terinstal aplikasi PMP
  • Pada laptop lainnya, buka browser yang di gunakan (disarankan jenis browser yang digunakan sama dengan laptop yang satu dengan lainnya)
  • Pada kolom pencarian browser laptop yang terinstal aplikasi PMP terlihat localhost:1745
  • Untuk menghubungkan aplikasi PMP dengan laptop lain cukup mengetikan pada browser IP laptop terinstal aplikasi PMP yang dicatat sebelumnya dan di ikuti dengan nomor 1745, contoh : 191.23.156.13:1745
  • Beberapa kasus, IP Address laptop yang terinstal aplikasi PMP tidak bisa terhubung dengan laptop lainnya hal ini terjadi akibat Windows Firewall laptop yang terinstal aplikasi PMP masih aktif, maka Windows Firewall pada laptop induk (laptop yang terintal aplikasi PMP) di non aktfikan terlebih dahulu, berikut tahapannya :
Tahapan Menonaktifkan Windows Firewall
  • Klik Star Menu (atau tekan tombol logo windows)  >> Control Panel >> Ease Of Accses >> System and Security >> Turn Windows Firewall on or off  >> Lihat gambar dibawah ini, lalu klik Ok


Demikian tahapan menghubungkan beberapa laptop untuk entri aplikasi PMP, semoga bermanfaat.