Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Registrasi Simulasi Tes CASN Online (CAT Online)

simulasi cat asn

Beberapa tahun lalu tepatnya di tahun 2014, kali pertama pemerintah Indonesia menggunakan sistem online dalam merekrut Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS), hal ini berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya dimana masih menggunakan sistem manual.

Sebagai upaya untuk memperlancar proses tes online serta membiasakan calon peserta tes, Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan-RB), Badan Kepegawaian Negara (BKN) merancang simulasi tes online CASN (calon aparatur sipil negara). Simulasi yang diberi nama CAT (Computer Assisted Test) dirancang semudah mungkin, namun terdapat perbedaan antara simulasi CAT dengan sistem CAT yang digunakan untuk seleksi CASN/CPNS sesungguhnya. Walaupun terdapat perbedaan dengan CAT BKN yang digunakan saat seleksi CASN/CPNS, simulasi CAT Online dibuat dengan konsep menyerupai CAT BKN yang akan digunakan untuk seleksi CASN/CPNS.

Selain itu, pendaftaran simulasi CAT Online tidak dipungut biaya apapun dan satu akun dapat melakukan simulasi CAT berkali-kali. Data peserta dan nilai Simulasi CAT Online akan digunakan sebagai bahan analisa.

Untuk bisa menggunakan Simulasi CAT Online, pengguna simulasi CAT Online diharuskkan untuk registrasi atau mendaftar terlebih dahulu, berikut ini tahapan cara registrasi Simulasi CAT Online :

  • Pastikan anda memiliki Nomor Induk Kependudukan (NIK) dan Email, serta PC/Laptop telah terhubung dengan internet
  • Buka peramban/ browser yang di gunakan (Mozilla/Chrome) dan masukan alamat : http://sc.menpan.go.id
  • Lanjutkan dengan meng-klik "DAFTAR GRATIS"
  • Isi data Anda pada kolom isian, seperti NIK, Email, Tanggal Lahir dan lainnya. Kemudian centang konfirmasi pernyataan dan klik "SIMPAN"
  • Bila data sudah diisi dengan benar dan meng-klik simpan maka akan muncul pemberitahuan "Registrasi Anda Sukses..........." Lanjutkan dengan meng-klik "Klik Disini Untuk Login"
  • Anda akan menuju laman Login Simulasi CAT Online, isi NIK dan Kata Sandi yang anda gunakan pada saat mendaftar sebelumnya, kemudian klik "LOGIN"
  • Jika berhasil login (NIK dan Kata Sandi yang dinput sudah benar) Anda akan masuk laman depan Simulasi CAT Online. Pada tahap ini proses registrasi Simulasi CAT Online sudah berhasil Anda lakukan. Klik "MULAI CAT


  • Tahap terakhir sebelum menuju laman simulasi ujian, Anda diminta untuk melakukan konfirmasi, klik "Mulai Ujian", setelah itu Anda akan menuju laman pengisian soal ujian dengan durasi waktu 15 menit.

Demikian tahapan cara registrasi Simulasi Tes CASN Online, semoga bermanfaat.