Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara cek data Kartu Indonesia Pintar bermasalah

cara cek data KIP
Kartu Indonesia Pintar (KIP) adalah kartu yang diberikan kepada anak usia 6 (enam) sampai dengan 21 (dua puluh satu) tahun sebagai penanda/identitas untuk mendapatkan manfaat PIP. Manfaat PIP berupa bantuan uang tunai dari pemerintah yang diberikan kepada peserta didik yang orang tuanya tidak dan/atau kurang mampu membiayai pendidikannya.

Untuk tingkat satuan pendidikan (sekolah), pendataan Kartu Indonesia Pintar (KIP) melalui aplikasi Dapodikdasmen. Untuk menginput data peserta didik yang memiliki kartu KIP ditiap satuan pendidikan dilakukan oleh admin/ operator sekolah yang telah ditunjuk oleh kepala sekolah.

Setelah periode pendataan KIP pada aplikasi Dapodikdasmen berakhir, ditemukan data KIP peserta didik yang bermasalah seperti nama tidak sesuai, nomor KIP yang di input salah/ pemilik double dan lainnya.

Untuk mengecek data Kartu Indonesia Pintar yang bermasalah, berikut caranya :
  • Buka peramban (chrome/mozilla/atau sejenisnya)
  • Ketikan pada kolom pencarian peramban http://pipsd.kemdikbud.go.id/pelaporan/
  • Scroll kebawah dan klik menu "Daftar KIP Bermasalah"
  • Pilih dan klik pada nama provinsi sesuai dengan nama provinsi alamat sekolah
  • Lanjutkan klik Nama Kabupaten, Nama Desa 
  • Setelah meng-klik nama Desa, maka akan muncul daftar nomor KIP yang bermasalah. Klik pada salah satu nomor KIP yang bermasalah
  • Selanjutnya perhatikan data terlihat, Contoh KIP bermasalah sesuai pada gambar di bawah ini, terdapat 2 orang pemegang Kartu Indonesia Pintar dengan nomor P09GMT di sekolah yang berbeda

Demikian tahapan cara cek data Kartu Indonesia Pintar (KIP) yang bermasalah, semoga bermafaat.