Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Per 1 Juli 2016 Bayar Pajak Harus Dengan e-Billing, Berikut Langkah-Langkah Penggunaan e-Billing

cara daftar ebiling


Beberapa bulan yang lalu Wajib Pajak (WP) telah melakukan penyampaian Surat Pemberitahuan (SPT) secara elektronik yang dilakukan secara online dan realtime melalui internet pada website Direktorat Jenderal Pajak (DJP) atau penyedia layanan SPT elektronik atau Application Service Provider (ASP) yang dikenal dengan layanan  e-Filling.

Setelah e-Filling, mulai 1 Juli 2016 Wajib Pajak (WP) membayar pajak dengan cara baru, yaitu Billing System atau lebih populer dengan nama e-Billling. Namun demikian, pembayaran pajak melalui Bank BUMN, BUMD atau Kantor Pos masih dapat menggunakan Surat Setoran Pajak (SSP) hingga tanggal 30 Juni 2016.

Metode pembayaran pajak secara elektronik menggunakan fasilitas e-Billing adalah menggunakan kode Billing, kode Billing merupakan kode identifikasi yang diterbitkan melalui sistem Billing atau jenis pembayaran atau setoran pajak yang akan dilakukan Wajib Pajak (WP). Berikut langkah-langkah penggunaan e-Billing DJP Online ;



LANGKAH PENGGUNAAN E-BILLING


Buat Billing

Pembuatan kode billing dapat dilakukan dengan Aplikasi DJP Online, SMS ID Billing, Internet Banking, Teller, dan Penyedia Jasa Aplikasi Elektronik yang berkerja sama dengan DJP. 

Berikut ini adalah pembuatan kode e-billing dengan aplikasi DJP Online :

  • Buka laman https://sse.pajak.go.id klik "Buat Baru" jika belum ada akun Aplikasi DJP online




  • Isi NPWP, Email, Nama dan Kode Captcha (pastikan email anda benar & aktif), lalu klik register
  • Periksa kotak masuk email yang anda isi sebelumnya, lalu klik link untuk aktivasi akun



  • Pada beberapa kasus, saat meng-klik link aktivasi akan menuju laman error, namun bukanlah masalah karena user billing akan tetap aktif



  • Lanjutkan dengan kembali ke laman https://sse.pajak.go.id/ masuk USER dan PIN yang masuk di email anda tadi, apabila gagal silahkan ulangi tahap 3 (klik link aktivasi akun di email)
  • Setelah berhasil melakukan login, anda dapat mengisi kolom yang tersedia termasuk NOP (jika ada), Jenis Pajak, Jenis Setoran, Masa dan Tahun Pajak, No.SK (jika ada SK), mata uang dan jumlah setoran
  • Teliti isian Surat Setoran Elektronik anda, jika sudah benar klik "Terbitkan Kode Billing"
  • Kode billing dan masa aktifnya akan ter-generate. Pembayaran dapat dilakukan dengan kode billing tersebut. Lanjutkan klik "Cetak" untuk mencetak/simpan kode billing yang akan digunakan.

Bayar



Setelah tahapan buat kode billing, selanjutnya anda dapat melakukan pembayaran. Pembayaran dapat melalui : 
Pembayaran dapat dilakukan di Bank BUMN, BUMD dan Kantor Pos, berikut daftar nama bank tempat penyetoran pajak :



sumber : pajak.go.id