Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Laksanakan !! Ini Kewajiban Sekolah Untuk Mendukung Kawasan Tanpa Rokok Di Sekolah



Statistik konsumsi rokok dunia pada 2014 kembali meneguhkan posisi Indonesia sebagai salah satu negara dengan konsumsi terbesar di dunia, tingginya konsumsi rokok Indonesia tentu sangat merisaukan (tempo.co). 

Dampak dari merokok tidak hanya dirasakan oleh perokok itu sendiri (perokok aktif), melainkan orang yang ada disekitar perokok atau yang tidak merokok (perokok pasif). Khusus di lingkungan sekolah, tidak dipungkiri lagi sebahagian pendidik (guru) serta pegawai di suatu sekolah di Indonesia merupakan perokok aktif. Lingkungan sekolah merupakan lokasi tempat berlangsungnya kegiatan belajar mengajar.

Untuk mewujudkan perilaku hidup bersih dan sehat di lingkungan sekolah, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan telah menerbitkan Permendikbud Nomor : 64 Tahun 2015 tentang Kawasan Tanpa Rokok Di Lingkungan Sekolah. Pasal 2 Permendikbud Nomor 64  Tahun 2015 disebutkan bahwa "kawasan tanpa rokok bertujuan untuk menciptakan lingkungan sekolah yang bersih, sehat dan bebas rokok". Sasaran kawasan tanpa rokok di lingkungan sekolah adalah Kepala Sekolah, Guru, Tenaga Kependidikan, Peserta Didik dan Pihak Lain dalam lingkungan sekolah.

Untuk mendukung kawasan tanpa rokok di lingkungan, sekolah di wajibkan melakukan hal-hal berikut :
  • memasukan larangan terkait rokok dalam tata tertib sekolah
  • melakukan penolakan terhadap penawaran iklan/ promosi/ kerja sama/ yang dilakukan oleh perusahaan rokok/ organisasi yang menggunakan merek dagang/ logo/ semboyan sebagai ciri khas rokok
  • melakukan larangan pemasangan papan iklan/ reklame/ pamflet/ atau bentuk iklan lainnya dipasang di lingkungan sekolah
  • melarang penjual rokok di kantin/ warung sekolah, koperasi, atau bentuk penjualan lain di lingkungan sekolah
  • memasang kawasan tanpa rokok di lingkungan sekolah
Pasan 5 Permendikbud Nomor 64  Tahun 2015 menyebutkan dengan tegas bahwa "Kepala Sekolah, Guru, Tenaga Kependidikan, Peserta Didik, dan Pihak lain dilarang merokok, menjual, mengiklankan atau mempromosikan di lingkungan sekolah.