Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Mulai 2016, Pemerintah Memberikan Uang Makan ASN

google.co.id

Mulai tahun ini (2016) pemerintah memberikan uang makan bagi Aparatur Sipil Negara (ASN), kabar gembira bagi ASN ini diatur dalam Peraturan Menteri Keuangan (PMK) Nomor 72/PMK.05/2016 tentang Uang Makan Bagi Aparatur Sipil Negara.

Berdasarkan pasal 1 butir (4) PMK Nomor 72/PMK.05/2016 disebutkan bahwa uang makan adalah uang yang diberikan kepada pegawai ASN berdasarkan tarif dan dihitung secara harian untuk keperluan makan pegawai ASN. Uang makan dikmaksud diberikan kepada pegawai ASN/PNS, Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) termasuk CPNS.


Besaran uang makan yang diberikan kepada ASN per hari sesuai satuan biaya sebagaimana diatur dalam Peraturan Menteri Keuangan mengenai standar biaya masukan. Uang makan tidak diberikan kepada pegawai ASN dengan ketentuan :

  • Tidak hadir kerja
  • Sedang melaksanakan perjalanan dinas
  • Melaksanakan cuti
  • Sedang melaksanakan tugas belajar
  • Diperbantukan atau dipekerjakan diluar instansi pemerintah



Pada BAB IV pasal  5 PMK Nomor : 72/PMK.05/2016 menyebutkan bahwa uang makan dibayarkan setiap 1 (satu) bulan yang pembayarannya dilaksanakan pada awal bulan berikutnya dan uang makan dimaksud juga dapat dibayarkan untuk beberapa bulan sekaligus bila tidak dapat dibayarkan setiap 1 (satu) bulan. Pembayaran uang makan dilakukan dengan mekanisme pembayaran langsung ke rekening pegawai ASN.

Unduh PMK Nomor : 72/PMK.05/2016 DISINI