Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Manfaat Menulis

google.co.id

Menulis adalah suatu kegiatan untuk menciptakan suatu catatan atau informasi pada suatu media dengan menggunakan aksara. Menulis bisa dilakukan pada kertas dengan menggunakan alat-alat seperti pena atau pensil. (wikipedia.org

Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (2003:1219) terdapat pengertian menulis yaitu melahirkan pikiran atau gagasan (seperti mengarang, membuat surat) dengan tulisan. Menulis merupakan kegiatan yang dapat melahirkan kreatifitas seseorang, dengan demikan menulis mempunyai kekuatan yang sangat besar. Menurut Tarigan (1994:23), tujuan menulis adalah respon atau jawaban yang diharapkan oleh penulis dari pembaca. Berdasarkan batasan tersebut, maka tujuan menulis meliputi beberapa hal berikut :

  • Untuk memberitahukan atau mengajarkan wacana informasi
  • Untuk meyakinkan atau mendesak
  • Bertujuan untuk menghibur atau menyenangkan atau mengandung tujuan estetik
  • Menulis bertujuan untuk mengekspresikan perasaan dan emosi yang kuat dan berapi-api.

Dari uraian tujuan menulis diatas, menulis memiliki peran yang sangat penting bagi manusia yang selalu dituntut untuk bersosialisasi dengan orang lain, banyak manfaat dari aktivitas menulis.

Ada berbagai alasan mengapa kegiatan menulis perlu untuk digeluti, misalnya orang tidak bisa dikatakan "besar" bila tidak mampu mengeluarkan sebuah karya. Banyak hal yang bermafaat dalam menulis, manfaat menulis tidak hanya dirasakan/ didapat oleh penulis saja, untuk para pembaca juga menuai manfaat yang baik. Berikut manfaat menulis yang dikutip dari berbagai sumber :

Menyimpan memori

Dengan menulis kita bisa mengingat sekaligus melihat lagi keadaan atau hal yang kita lupakan

Menghilangkan rasa bosan


Secara psikologis, dengan menulis dapat mengurangi tingkat stres dan  rasa suntuk, ingat saat anda menulis, tak harus serius-serius amat, namun nikmati saja setiap kata demi kata yang anda susun.

Sebagai pendapatan 

Pengetahuan yang dimiliki setiap orang berbeda-beda, dengan menulis bisa saja karya kita bisa bermanfaat bagi orang lain. Mungkin saja tulisan kita suatu hari nanti digunakan oleh orang lain (seperti Novel untuk Film) dengan begitu kita akan mendapatkan pendapatan dari kegiatan menulis.

Menimbulkan rasa ingin tahu

Kepekaan dalam melihat suatu realitas lingkungan sekitar itulah yang kadang tidak dimiliki oleh orang bukan penulis. Dengan menulis dapat meningkatkan rasa ingin tahu seseorang.


Dengan demikian tidak dipungkiri lagi, menulis dapat menimbulkan yang sangat luas. Selain dapat mengenali kemampuan diri dan potensi diri, menulis merupakan cara menyampaikan pesan berupa pengetahuan, pikiran, gagasan, pengalaman kita kepada orang lain.

Ayo menulis !