Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kriteria Kantin Sekolah Yang Sehat Bagi Siswa



google.co.id

Anak sekolah dan pangan jajanan merupakan hal yang sulit dipisahkan, terbukti hasil survei yang dilakukan oleh Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) lebih dari 99% anak sekolah jajan untuk memenuhi kebutuhan energinya saat berada disekolah.


Hasil survei BPOM tersebut berbanding lurus dengan sikap sebagian besar orangtua, saat mereka sibuk tidak sempat untuk menyiapkan bekal makanan bagi buah hatinya saat menjelang berangkat ke sekolah setiap harinya. Sebagai gantinya (menyiapkan bekal makanan) cenderung lebih memilih memberikan uang jajan lebih kepada anaknya dengan harapan bisa membeli makanan dikantin sekolahnya. Sayangnya tidak semua makanan/ jajanan di sekolah-sekolah tidak tidak memenuhi syarat keamanan pangan termasuk fasilitas pendukung seperti kantin sekolah.

Lantas seperti apa kriteria kantin sekolah yang sehat ? berikut beberapa syarat kantin sekolah yang sehat bagi anak seperti dikutip dari laman usahakesehatansekolah.com :
  1. Ada persediaan ari bersih untuk mengolah makanan, mencuci tangan dan mencuci peralatan makanan.
  2. Mempunyai tempat penyimpanan bahan makanan dan peralatan makanan yang bebas dari serangga dan hewan pengerat.
  3. Ada tempat khusus penyimpanan bahan bukan makanan (sabun cuci dan cairan anti serangga) yang terpisah dari tempat penyimpanan bahan makanan dan peralatan makanan.
  4. Tempat yang bersih dan tertutup untuk pengolahan dan penyajian makanan.
  5. Kasir berada ditempat khusus, minimal orang yang bertugas di kasir tidak bertugas menyiapkan makanan karena kuman penyakit dapat tersebar dimakanan melalui tangan setelah memegang uang.
  6. Mempunyak tempat pembuangan sampah padat dan cair.
  7. Pastikan juga jajanan kemasan makanan yang dijual di kantin belum kadaluarsa dan sudah lolos sertifikasi BPOM.
Pastikan anak untuk selalu jajan ditempat yang bersih, jauh dari paparan asap kenderaan/ debu.