Pungutan Yang Dilarang Di Sekolah?

Apakah sekolah boleh melakukan pungutan?

Siti menegaskan, seluruh pungutan dan sumbangan telah diatur dalam Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Permendikbud) Nomor 44 Tahun 2012. Dalam Pasal 9 Ayat 1 menyebutkan, satuan pendidikan dasar yang diselenggarakan oleh pemerintah, dan / atau pemerintah daerah dilarang memungut biaya satuan pendidikan.

Pungli di sekolah apa saja?

Sementara pungutan yang sering dilakukan saat kegiatan belajar mengajar di sekolah adalah uang SPP/uang komite, uang les, uang buku ajar, uang LKS, uang ekstrakurikuler, uang OSIS, uang study tour, uang perpustakaan, uang pramuka, uang PMI, uang kalender, dana kelas, uang koperasi dan uang denda tidak mengerjakan PR.

Bolehkah sekolah memungut uang komite?

Kemdikbudristek: Komite Sekolah Boleh Galang Dana tetapi Bukan Pungutan. “Penggalangan dana oleh komite sekolah itu berbentuk bantuan dan sumbangan, bukan pungutan,” kata Dian saat dihubungi Beritasatu.com, Kamis (10/6/2021).

Apa itu sumbangan Komite sekolah?

Senada dengan itu, Pasal 1 angka 5 Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 75 Tahun 2016 tentang Komite Sekolah menyebutkan bahwa sumbangan adalah pemberian berupa uang/barang/jasa oleh peserta didik, orangtua/walinya baik perseorangan maupun bersama-sama, masyarakat atau lembaga secara sukarela, dan tidak

You might be interested:  Benda Benda Yang Ada Di Sekolah?

Untuk apa uang komite sekolah?

Uang komite itu biasanya diperuntukkan untuk memberikan honorarium bagi tenaga pendidik bukan ASN, pembiayaan kegiatan ekstrakurikuler, perlombaan dan sejumlah kegiatan lainnya di sekolah.

Apa itu Komite sekolah Siapa sajakah anggotanya dan apa fungsinya?

Komite Sekolah adalah lembaga mandiri yang beranggotakan orangtua/wali peserta didik, komunitas sekolah, serta tokoh masyarakat yang peduli pendidikan. Komite Sekolah diatur dengan Permendikbud Nomor 75 Tahun 2016 tentang Komite Sekolah.

Lapor pungli di mana?

JAKARTA – Masyarakat perlu terlibat aktif dalam menangani persoalan pungutan liar ( pungli ). Caranya, dengan memanfaatkan kanal pengaduan pungli dan layanan publik baik via SMS gateway 1193, website saberpungli.id, serta email lapor @saberpungli.id. Bisa juga melakukan pengaduan langsung ke satgas saber pungli.

Bagaimana cara melaporkan pungli di sekolah?

Berikut adalah saluran Kemendikbud yang bisa dihubungi jika mendapati Komite Sekolah melakukan pungutan:

  1. Unit Layanan Terpadu.
  2. Posko Pengaduan Itjen Kemendikbud.
  3. LAPOR!
  4. Saber Pungli 193 dan 821 1213 1323 SMS: 1193 Posel: lapor @saberpungli.id.
  5. Kanal Informasi Inspektorat Provinsi, Kabupaten/Kota.

Apa saja yang termasuk pungutan liar?

Dilansir dari situs youthproactive.com, berikut ini adalah jenis biaya yang termasuk ke dalam pungutan liar.

  • Biaya formulir pendaftaran ulang.
  • Sumbangan siswa baru.
  • Biaya Seragam Sekolah.
  • LKS dan Modul Pengayaan.
  • Biaya buku paket sekolah.
  • Biaya les tambahan dari sekolah.
  • Biaya Praktikum.
  • Dana Ekstrakurikuler.

Apakah SMA Negeri membayar SPP?

SPP Bulanan SMA /SMK Negeri Gratis, Ridwan Kamil: Betul, Mulai Semester Ini Bebas Iuran. Jadi di tahun ajaran 2020/2021 di SMA /SMK negeri dan warga tidak mampu di swasta gratis, ” ujar Ridwan di Gedung Sate, Senin 8 Juni 2020. Iuran gratis itu betul dan dimulai di semeter ini, kata dia melanjutkan.

You might be interested:  Jawaban Cepat: Mencari Sekolah Yang Tepat Untuk Anak?

Apa yang dimaksud dengan Komite?

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), arti kata komite adalah sejumlah orang yang ditunjuk untuk melaksanakan tugas tertentu (terutama dalam hubungan dengan pemerintahan). Arti lainnya dari komite adalah panitia. Contoh: ia menjadi anggota komite nasional pemuda indonesia.

Apakah sma negeri membayar uang gedung?

JAKARTA, KOMPAS — Sekolah penerima bantuan operasional sekolah dan sekolah negeri dilarang memungut biaya kepada para calon peserta didik baru. Pungutan berupa uang seragam, uang gedung, maupun biaya lainnya yang dikaitkan dengan penerimaan peserta didik baru termasuk kategori pungutan liar.

Apa itu Dana sumbangan pendidikan?

b. Sumbangan pendidikan: pemberian berupa uang/barang/jasa oleh peserta didik, orangtua/walinya baik perseorangan maupun bersama-sama, masyarakat atau lembaga secara sukarela, dan tidak mengikat satuan pendidikan.

Apakah yang dimaksud dengan Komite sekolah?

Komite Sekolah adalah badan mandiri yang mewadahi peran serta masyarakat dalam rangka meningkatkan mutu, pemerataan, dan efisiensi pengelolaan pendidikan di satuan pendidikan, baik pada pendidikan pra sekolah, jalur pendidikan sekolah maupun jalur pendidikan di luar sekolah (Kepmendiknas nomor: 044/U/2002).

Apakah SPP termasuk pungli?

Dinas Pendidikan (Disdik) Provinsi Riau menegaskan larangan pungutan uang komite. Dalam surat tersebut, dijelaskan berkenaan dengan pungutan atau sumbangan pendidikan yang bersifat iuran, SPP atau hal lainnya dilarang dipungut kepada peserta didik.