Mengapa Ada Zonasi Sekolah?

Kenapa ada zonasi sekolah?

Sistem zonasi merupakan salah satu kebijakan yang ditempuh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) untuk menghadirkan pemerataan akses pada layanan pendidikan, serta pemerataan kualitas pendidikan nasional.

Sistem zonasi itu bagaimana?

Jalur sistem zonasi merupakan jalur penerimaan siswa berdasarkan zona tempat tinggal. Penggunaan sistem zonasi untuk penerimaan siswa baru merupakan salah satu jalur untuk bisa diterima di sekolah. Penerapan sistem zonasi sebenarnya menyasar siswa baru agar mendaftar sekolah sesuai tempat tinggal.

Apakah tahun 2021 2022 masih ada zonasi?

Rincian Kuota PPDB DKI 2021-2022, Tidak Ada Jalur Zonasi untuk SMK.

Zonasi sekolah berdasarkan apa?

Pada dasarnya, sistem zonasi sekolah adalah salah satu jalur penerimaan siswa baru berdasarkan pada zona tempat tinggalnya. Sistem zonasi sekolah berusaha memeratakan kualitas pendidikan, sehingga tak ada lagi sekolah favorit atau unggulan.

Siapa yang membuat sistem zonasi?

Sistem zonasi merupakan salah satu kebijakan yang ditempuh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) untuk menghadirkan pemerataan akses pada layanan pendidikan, serta pemerataan kualitas pendidikan nasional.

Berapa sekolah yang bisa dipilih di PPDB 2021?

Pendaftaran dan pemilihan sekolah Maksimal 3 sekolah untuk jenjang SMP, sesuai daftar zona sekolah yang telah ditetapkan. Maksimal 3 peminatan untuk jenjang SMA. Pilihan 3 peminatan dapat dipilih pada 1 sekolah atau ada sekolah yang berbeda, sesuai daftar zona sekolah yang telah ditetapkan.

You might be interested:  Krida Nusantara Sekolah Apa?

Bagaimana sistem zonasi PPDB?

Dalam pelaksanaan PPDB jalur zonasi, sekolah akan memprioritaskan peserta didik yang memiliki kartu keluarga atau surat keterangan domisili dalam 1 wilayah kabupaten/kota yang sama dengan sekolah asal. Prinsip dasar dalam jalur zonasi adalah mendekatkan domisili peserta didik dengan sekolah.

Bagaimana cara melihat zonasi sekolah?

#1 Menggunakan Smartphone Android

  1. Buka aplikasi Google Maps di ponsel Anda.
  2. Masukkan lokasi rumah Anda.
  3. Setelah muncul point lokasi berwarna merah, klik Info Selengkapnya.
  4. Kemudian klik Ukur Jarak.
  5. Selanjutnya arahkan pointer ke sekolah tujuan dengan cara menggeser peta Google Maps sampai di lokasi sekolah.

Berapa persen jalur zonasi?

Kemendikbudristek: PPDB Jalur Zonasi SMP-SMA 50 Persen.

Apakah PPDB 2021 2022 Pakai umur?

Jakarta, Beritasatu.com – Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemdikbudristek) memastikan tidak akan ada lagi kisruh umur dalam penerimaan peserta didik baru ( PPDB ) tahun 2021.

Apakah PPDB 2021 Pakai umur?

Aturan Baru PPDB 2021 Perubahan batas usia SD minimal 7 tahun & persentase jalur zonasi SD 70%. Pemerintah Daerah bisa melibatkan sekolah swasta dalam PPDB yang mekanismenya diserahkan kepada masing-masing pemerintah daerah.

Apakah SMK ada zonasi 2021?

Tidak Ada Jalur Zonasi, PPDB DKI 2021 Buat SMK Buka Tiga Jalur Seleksi. Untuk jenjang SMK, PPDB akan dibuka untuk tiga jalur. Mulai dari Jalur Prestasi, Jalur Afirmasi dan Jalur Perpindahan Tugas Orang Tua.

Apa syarat jalur zonasi?

Syarat CPDB untuk Jalur Zonasi Jenjang SMP dan SMA/SMK Berusia paling tinggi 15 tahun pada tanggal 1 Juli tahun berjalan. Usia tersebut wajib dibuktikan dengan akte kelahiran atau surat keterangan kelahiran dari pihak berwenang.

Apakah sistem zonasi menggunakan nilai?

Jalur Zonasi tidak boleh menggunakan nilai Ujian Nasional. Untuk jalur ini kriteria seleksi dapat menggunakan nilai Ujian Nasional. Sehingga tidak ada yang bertentangan dengan PP tersebut.