Sering ditanyakan: Landasan Yang Berkaitan Dengan Makna Atau Hakekat Pendidikan Adalah?

Apa makna landasan pendidikan?

Berdasarkan uraian di atas dapat disimpulkan bahwa landasan pendidikan adalah asumsi-asumsi yang menjadi dasar pijakan atau titik tolak dalam rangka praktek pendidikan dan atau studi pendidikan.

Apa saja yang menjadi landasan dalam pendidikan?

Landasan pendidikan terdiri dari beberapa jenis, yaitu landasan filosofis, landasan sosiologis, landasan hukum, landasan kultural, landasan psilokogis, lndasan ilmiah dan ternologi, landasan ekonomi, landasan sejarah, dan landasan religius.

Seperangkat asumsi tentang kehidupan manusia apa adanya yang dijadikan titik tolak pendidikan disebut?

Landasan deskriptif pendidikan adalah asumsi – asumsi tentang kehidupan manusia sebagai sasaran pendidikan apa adanya (Dasein) yang dijadikan titik tolak dalam rangka pendidikan. Landasan deskriptif pendidikan umumnya bersumber dari hasil riset ilmiah dalam berbagai disiplin ilmu.

Mengapa sebuah sistem pendidikan harus memiliki landasan?

Landasan pendidikan ibarat pondasi dasar untuk membangun pendidikan sesuai kearah yang dicita-citakan bangsa tentu kita tidak ingin mencetak generasi penerus hanya dengan berpedoman pada nilai yang dihasilkan saja. Jadi, perlu upaya penetapan landasan pendidikan yang kokoh supaya tujuan pendidikan bisa tercapai.

You might be interested:  Pendidikan Yang Kurang?

Apa saja fungsi landasan pendidikan?

Sebagai titik ukur kualitas pendidikan yang dimiliki suatu negara, sesuai dengan tujuan dan kebutuhannya. Sebagai perlindungan terhadap fungsi pendidikan agar sesuai pakem dan tidak disalahgunakan. Sebagai pijakan atau tolak ukur pendidik dalam melakukan praktik pendidikan.

Apa itu konsep landasan?

Landasan yang bersifat konseptual pada dasarnya identik dengan asumsi, yaitu suatu gagasan, kepercayaan, prinsip, pendapat atau pernyataan yang sudah dianggap benar, yang dijadikan titik tolak dalam rangka berfikir (melakukan studi) dan atau dalam rangka bertindak (melakukan suatu praktek).

Apa landasan pendidikan anti korupsi?

Berdasarkan rumusan yang ditentukan oleh komisi pemberantasan korupsi (KPK), ada sembilan nilai dasar yang perlu ditanamkan dan diperkuat melalui pelaksanaan pendidikan Anti Korupsi di sekolah, yaitu nilai kejujuran, adil, berani, hidup sederhana, tanggung jawab, disiplin, kerja keras, hemat dan mandiri.

Pancasila termasuk landasan apa?

Pancasila merupakan landasan idiil bangsa Indonesia. Ini artinya, Pancasila merupakan dasar negara Republik Indonesia, baik dalam arti sebagai dasar ideologi maupun filosofi bangsa.

Bagaimana misi utama mata kuliah Landasan pendidikan pada tenaga kependidikan?

Misi utama mata kuliah landasan – landasan pendidikan dalam pendidikan tenaga kependidikan tidak tertuju kepada pengembangan aspek keterampilan khusus mengenai pendidikan sesuai spesialisasi jurusan atau program pendidikan, melainkan tertuju kepada pengembangan wawasan kependidikan, yaitu berkenaan dengan berbagai asumsi

Manakah yang paling utama antara landasan yuridis dan filosofis?

Yang diutamakan dari landasan filosofis dan landasan yuridis adalah landasar filosofis. Karena landasan filosofis menjadi dasar dalam membentuk sebuah landasan dan landasar yuridis menjadi landasan yang digunakan untuk menjamin kepastian hukum yang dibuat.

Apa sajakah prinsip antropologis yang mendasari perlunya manusia mendapatkan pendidikan?

Manusia sebagai Makhluk yang Perlu Dididik dan Dapat Dididik Ada tiga prinsip antropologis yang mendasari perlunya manusia mendapatkan pendidikan dan mendidik diri, yaitu: (1) prinsip historisitas, (2) prinsip idealitas, dan (3) prinsip faktual/posibilitas.

You might be interested:  Sering ditanyakan: Apa Itu Pendidikan Teknik Mesin?

Mengapa psikologis tidak dapat di pisahkan dari pendidikan Berikan pendapat anda?

Psikologi dan ilmu pendidikan tidak dapat dipisahkan satu dengan yang lainnya, karena antara psikologi dengan ilmu pendidikan mempunyai hubungan timbal balik. Pendidikan tidak akan berhasil dengan baik jika tidak dibarengi dengan psikologi. Demikian pula watak dan kepribadian seseorang ditunjukkan oleh psikologi.

Mengapa pendidikan memerlukan landasan religius?

Tujuan dari landasan religius dalam pendidikan adalah seluruh proses dan hasil dari pendidikan dapat mempunyai manfaat dan makna hakiki. Agama Page 9 18 memberikan dan mengarahkan fitrah manusia memenuhi kebutuhan batin, menuntun kepada kebahagiaan dan menunjukkan kebenaran.