Mengapa Pendidikan Kewarganegaraan Dipelajari Sampai Di Perguruan Tinggi?

Mengapa Pendidikan Kewarganegaraan penting dipelajari di perguruan tinggi?

Secara ringkas pendidikan kewarganegaraan, atau PKN, diarahkan untuk menanamkan rasa nasionalisme dan nilai-nilai moral bangsa bagi pelajar sejak dini. Pendidikan ini menjadi patokan dalam menjalankan kewajiban dan memperoleh hak sebagai warga negara, demi kejayaan dan kemuliaan bangsa.

Mengapa mata kuliah PKN dijadikan mata kuliah wajib yang harus ditempuh oleh seluruh mahasiswa perguruan tinggi di Indonesia?

Misi Mata Kuliah Pendidikan Kewarganegaraan adalah untuk membantu mahasiswa memantapkan kepribadiannya agar secara konsisten mampu mewujudkan nilai- nilai dasar Pancasila, rasa kebangsaan dan cinta tanah air dalam menguasai, menerapkan dan mengembangkan ilmu pengetahuan, teknologi dan seni dengan rasa tanggung jawab.

Apa itu PKn di Perguruan Tinggi?

PKn di perguruan tinggi adalah bagaimana mendidik para mahasiswa sebagai calon intelektual bangsa menjadi warga negara yang baik yang dapat memahami tentang substansi nilai-nilai falsafah negaranya, memiliki kepribadian yang mantap, berpandangan luas dan mampu bersikap demokratis yang berkeadaban.

You might be interested:  Sering ditanyakan: Apa Itu Institusi Pendidikan Di Cv?

Mengapa kita perlu mempelajari pendidikan kewarganegaraan brainly?

Pendidikan kewarganegaraan mengajarkan mahasiswa untuk mampu memahami dan melaksanakan hak dan kewajiban secara sopan santun, jujur, dan demokratis serta ihklas sebagai warga negara terdidik dalam kehidupannya selaku warganegara Republik Indonesia yang bertanggung jawab bersama.

Apakah penting mata kuliah PKN masih diajarkan di Perguruan Tinggi?

Pendidikan Kewarganegaraan penting diberikan agar mahasiswa menjadi pribadi yang paham tentang hak dan kewajibannya sebagai Warga Negara Indonesia, berpikir kritis, bertoleransi tinggi, pribadi yang cinta damai, menjadi sosok yang mengenal dan berpartisipasi dalam kehidupan politik lokal, nasional, dan internasional.

Apa sebenarnya tujuan yang ingin dicapai oleh pendidikan pancasila di Perguruan Tinggi?

Secara spesifik tujuan penyelenggaraan Pendidikan Pancasila di Perguruan Tinggi adalah untuk: 1. Memperkuat Pancasila sebagai dasar falsafah negara dan ideologi bangsa melalui revitalisasi nilai-nilai dasar Pancasila sebagai norma dasar kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara. 2.

Bagaimana urgensi pendidikan kewarganegaraan di negara kita Indonesia?

Urgensi Pendidikan Kewarganegaraan di Perguruan Tinggi adalah: (a) melahirkan warga negara yang memiliki wawasan kebangsaan dan bernegara, serta nasionalisme yang tinggi; (b) melahirkan warga negara yang memiliki komitmen kuat terhadap nilai-nilai HAM dan demokrasi, serta berpikir kritis terhadap permasalahannya; (c)

Apa dasar hukum diberikan mata kuliah Pendidikan Kewarganegaraan di perguruan tinggi?

Adapun landasan hukum pelaksanaan mata kuliah Pendidikan Kewarganegaraan. 1. Undang-Undang Dasar 1945. Pasal 27 (1) menyatakan bahwa “segala warga negara bersamaan kedudukannya di dalam hukum dan pemerintahan serta wajib menjunjung hukum dan pemerintahan itu dengan tidak ada kecualinya”.

Apa saja materi kewarganegaraan?

Deskripsi mata Kuliah: Ruang lingkup Pendidikan Kewarganegaraan memiliki 8 materi pokok: (a) Filsafat Pancasila, (b) Identitas Nasional, (c) Hak dan Kewajiban Warga Negara, (d) Negara dan Konstitusi, (e) Demokrasi Indonesia, (f) HAM dan Rule of Low, (g) Geopolitik Indonesia yaitu wilayah sebagai ruang hidup dan

You might be interested:  Sering ditanyakan: Bagaimana Pendapat Saudara Tentang Pendidikan Ideal Menurut Islam ?

Apa manfaat kita mempelajari pendidikan kewarganegaraan?

2. Dengan mempelajari pelajaran kewarganegaraan dapat memotivasi kita untuk memiliki sifat nasionalisme dan patriotisme yang tinggi. Artinya yaitu setelah mengerti peran dan keadaan negara, kita seharusnya menjadi warga negara yang lebih cinta pada tanah air dan rela berkorban demi bangsa dan negara.

Apa manfaat belajar pendidikan kewarganegaraan?

3 Manfaat Mempelajari Pendidikan Kewarganegaraan dalam Kehidupan Sehari-hari

  1. Membentuk Rasa Nasionalisme. Manfaat pertama adalah membentuk rasa nasionalisme dalam hati setiap warga negara.
  2. Membentuk Rasa Patriotisme. Selain membentuk rasa nasionalisme.
  3. Membentuk Insan yang Berkarakter Indonesia.

Apa peranan pendidikan kewarganegaraan dalam pendidikan?

Peranan pendidikan kewarganegaraan adalah membina warga negara khususnya generasi penerus yang baik bagi kehidupan berbangsa dan bernegara. Dalam pendidikan kewarganegaraan, peserta didik (generasi penerus) senantiasa dibekali dengan hal-hal yang dapat meningkatkan rasa nasionalisme.