FAQ: Bagaimana Relasi Antara Pendidikan Pancasila Dan Program Studi Anda?

Bagaimana relasi antara pendidikan Pancasila dan Program Studi Akuntansi?

Jawaban: relasi pendidikan pancasila dan program studi akuntansi sangatlah berhubungan. karena sistem dalam berpendidikan harus sesuai dengan sila sila pancasila dan tidak boleh bertentangan dengan sila-sila didalamnya.

Apakah yang anda dapat pahami tentang pentingnya pendidikan pancasila?

Bersama pendidikan agama dan Kewarganegaraan, pendidikan Pancasila berperan penting dalam pembentukan moral, adab, prilaku dan kepribadian yang sehat dan berjiwa Nasionalisme. Pancasila adalah sebagai sumber nilai dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara bagi bangsa Indonesia.

Bagaimana peran nilai nilai pancasila pada era globalisasi?

Di era globalisasi ini peran pancasila tentulah sangat penting untuk tetap menjaga eksistensi kepribadian bangsa Indonesia, karena dengan adanya globalisasi batasan- batasan diantara negara seakan tak terlihat, sehingga berbagai kebudayaan asing dapat masuk dengan mudah ke masyarakat.

Mengapa Pendidikan Pancasila penting diajarkan kepada generasi muda?

Pendidikan pancasila sangatlah penting bagi para generasi muda Indonesia agar dapat terbentuk karakter yang unggul dan bereakhlak mulia. Sehingga mampu bersaing, beretika, bermoral, sopan dan santun dalam bermasyarakat berbangsa dan bernegara.

You might be interested:  Tanya pembaca: Apa Arti Pendidikan Formal?

Apa yang dapat saudara pahami tentang pentingnya pendidikan Pancasila sesuai dengan generasi muda sekarang?

Dengan adanya pendidikan pancasila yaitu agar generasi muda tidak tercabut dari akar budayanya sendiri dan agar mereka memiliki pedoman atau kaidah penuntun dalam berpikir serta bertindak dalam kehidupan sehari-hari dengan berlandas makna serta nilai-nilai Pancasila.

Hal apa saja yang diharapkan dapat dicapai melalui pendidikan Pancasila?

Melalui Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, warga negara Republik Indonesia diharapkan mampu “memahami, menganalisa, dan menjawab masalah–masalah yang dihadapi oleh masyarakat, bangsa dan negaranya secara konsisten dan berkesinambungan dengan cita–cita dan tujuan nasional seperti yang digariskan dalam Pembukaan.

Apa sajakah nilai-nilai Pancasila yang dapat menangkal dampak negatif dari globalisasi?

peran pancasila dalam globalisasi adalah sebagai filter atau penyaring dari segala dampak positif dan negatif dari globalidasi. Hal ini disebabkan karena pancasila adalah dasar negara indonesia sehingga apapun yang tidak sesuai dengan pancasila lebih baik di tinggalkan.

Apa arti Pancasila dalam era globalisasi?

Pancasila sudah ditetapkan sebagai ideology bangsa yang berarti menjadi pandangan hidup bangsa yang menyentuh seluruh segi kehidupan bangsa. Dengan demikian, pancasila menjadi landasan dan penyaring dalammenyerap dan menerapkan pengaruh asing.

Bagaimana cara menjaga ideologi Pancasila dalam era globalisasi?

dapat dilakukan, antara lain sebagai berikut:

  1. menumbuhkan kesadaran untuk melaksanakan nilai-nilai Pancasila;
  2. melaksanakan ideologi Pancasila secara konsisten;
  3. menempatkan Pancasila sebagai sumber hukum dalam pembuatan peraturan perundangan nasional;
  4. menempatkan Pancasila sebagai moral dan kepribadian bangsa Indonesia.

Mengapa pendidikan Pancasila sangat penting diselenggarakan di perguruan tinggi?

Tujuan pendidikan Pancasila di Perguruan Tinggi adalah untuk: Memberikan pemahaman dan penghayatan atas jiwa dan nilai-nilai dasar Pancasila kepada mahasiswa sebagai warga negara Republik Indonesia, serta membimbing untuk dapat menerapkannya dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara.

You might be interested:  Jawaban Cepat: Lembaga Pendidikan Yang Didirikan Swasta Pribumi Pada Masa Kolonial Belanda?

Mengapa pendidikan kewarganegaraan penting dipelajari di perguruan tinggi?

Secara ringkas pendidikan kewarganegaraan, atau PKN, diarahkan untuk menanamkan rasa nasionalisme dan nilai-nilai moral bangsa bagi pelajar sejak dini. Pendidikan ini menjadi patokan dalam menjalankan kewajiban dan memperoleh hak sebagai warga negara, demi kejayaan dan kemuliaan bangsa.

Mengapa pendidikan tentang Pancasila wajib ditanamkan kepada seluruh warga negara Indonesia?

Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan di Indonesia bertujuan untuk mempersiapkan warganegara yang baik (good citizen), yaitu warganegara yang cinta tanah air, memiliki jiwa patriotisme, dan juga memiliki rasa kekeluargaan yang diwujudkan dengan sikap disiplin, jujur, serta toleransi.