Kapan Aqiqah Itu Dilaksanakan?

Seperti yang telah disebutkan, ketentuan aqiqah berdasarkan waktu pelaksanaan sebenarnya bisa dilakukan sejak anak lahir sampai sebelum baligh. Namun, ada beberapa ulama yang meyakini bahwa sebaiknya melakukan aqiqah dianjurkan setelah 7 hari kelahiran sang buah hati.

Sampai kapan batas aqiqah?

Para ulama berpendapat bahwa waktu aqiqah yang dianjurkan adalah 7 hari setelah kelahiran bayi. Namun, jika aqiqah belum memungkinkan dilakukan di waktu tersebut, bisa diganti di hari ke-14 atau ke-21.

Apakah boleh aqiqah lebih dari 21 hari?

“Penyembelihan dilakukan pada hari ke tujuh setelah kelahiran jika dia lapang, jika tidak maka pada hari ke 14, jika tidak maka hari ke 21 dari hari kelahirannya. Jika masih sulit, maka bisa lakukan di hari apa pun. Dalam Hadits Al Baihaqi: “disembelih pada hari ke 7, 14, dan 21.”

Bolehkah aqiqah saat usia dewasa?

Bila belum terlaksana sampai melewati hari tersebut, orang tua masih disunnahkan aqiqah untuk anaknya hingga ia mencapai usai baligh. Selepas baligh inilah orang tua sudah tidak disunahkan lagi mengaqiqahinya karena secara fiqih anak yang sudah baligh sudah mandiri tidak terikat dengan orang tuanya.

Bolehkah aqiqah dilaksanakan sebelum hari ke 7?

Berdasarkan sabda Rasulullah SAW ini, maka para ulama menyepakati bahwa waktu pelaksanaan aqiqah yang paling baik adalah pada hari ke-7 semenjak hari kelahiran. Namun jika berhalangan karena sesuatu dan lain hal, aqiqah dapat dilaksanakan pada hari ke-14 atau hari ke-21.

You might be interested:  Mengapa Shalat Jenazah Tidak Ada Rukuk Dan Sujud?

Bagaimana jika anak tidak di aqiqah?

“Jika seseorang anak tidak diaqiqahi, maka ia tidak akan memberi syafaat kepada orang tuanya pada hari kiamat nanti.’ Imam Asy Syafi’i memiliki pendapat bahwa aqiqah tetap dianjurkan walaupun diakhirkan. Namun disarankan agar tidak diakhirkan hingga usia baligh.

Akikah wajib atau tidak?

Aqiqah merupakan perayaan kelahiran bayi atau walimah al maulid sebagai tanda syukur kepada Allah. Hukum aqiqah menurut jumhur ulama adalah sunnah muakkadah atau sunnah yang sangat diutamakan (semi wajib). Hal ini sesuai hadits Nabi SAW.

Apakah Orang Mati Bisa di aqiqah?

Hukum aqiqah untuk orang tua yang sudah meninggal adalah boleh selama ada wasiat darinya. Hukum aqiqah untuk orang tua yang sudah meninggal adalah boleh selama ada wasiat darinya.

Akikah pakai duit orang tua boleh tidak?

Untuk uang pembelian hewan aqiqah ditanggung oleh wali, yaitu ayah. Hal yang pasti, uang untuk pembelian hewan tidak menggunakan harta orang lain termasuk istri atau anak.

Belum aqiqah diri sendiri Bolehkah aqiqah anak?

Kesunahan aqiqah anak itu dibebankan kepada orang tua. Jika anda belum aqiqah maka nanti apabila memiliki rezeki lain dapat melakukan aqiqah untuk diri sendiri. Maka disimpulkan untuk mendahulukan melakukan aqiqah anak yang baru lahir. Sementara aqiqah untuk diri sendiri dapat dilakukan jika memiliki rezeki lain nanti.

Apakah aqiqah harus kelipatan 7?

Rasulullah memang memberi contoh aqiqah dilakukan pada hari ketujuh, namun bila tidak mampu menyembelih kambing pada hari itu, bisa dilakukan setelahnya. “Aqiqah memang diprioritaskan pada hari ketujuh. Tapi kalau seandainya tidak mampu, tidak perlu dipaksakan. Nanti saja kalau ada rezeki,” jelas Ustaz Erick.