Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Dokumen Pengadaan Barang dan Jasa Oleh Sekolah

dokumen pengadaan barang dan jasa sekolah

Pengadaan Barang/ Jasa di Sekolah yang dananya bersumber dari Dana Bantuan Operasional Sekolah dilakukan secara daring atau online melalui Sistem Informasi Pengadaan Barang/ Jasa di Sekolah (SIPLah) Hal ini tertuang dalam Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 250/M/2019 tentang Pengadaan Barang dan Jasa Di Sekolah Yang Bersumber Dari Dana Bantuan Operasional Sekolah.

Sistem Informasi Pengadaan di Sekolah atau disebut SIPLah adalah sistem elektronik yang digunakan untuk melakukan pengadaan barang/jasa oleh Satuan Pendidikan yang diakses melalui laman siplah.kemdikbud.go.id. SIPLah digunakan untuk pengadaan barang dan jasa yang bernilai sampai dengan Rp. 50.000.000,-

Dalam melaksanakan pelaksanaan barang dan jasa (PBJ) oleh sekolah harus melakukan tahapan persiapan pengadaan, penetapan Penyedia dan pelaksanaan kesepakatan pengadaan.

Persiapan pengadaan merupakan kegiatan untuk menetapkan dokumen perencanaan PBJ Satuan Pendidikan. Persiapan dokumen perencanaan PBJ Satuan Pendidikan dilakukan oleh Pelaksana berdasarkan kebutuhan barang/jasa Satuan Pendidikan dan rencana kegiatan dan anggaran Satuan Pendidikan.

Setelah seluruh persiapan pengadaan hingga penerimaan barang/ jasa, ada beberapa dokumen yang harus dipersiapkan oleh sekolah sebagai pelaksana yang menjadi bukti PBJ Satuan Pendidikan melalui SIPLah (secara daring), antara lain : dokumen perencanaan PBJ Satuan Pendidikan, dokumen hasil pembandingan, dokumen hasil negosiasi, surat pemesanan, berita acara serah terima dan bukti pembayaran.

Silahkan unduh format dokumen bukti PBJ oleh satuan pendidikan secara daring sesuai dengan Permendikbud Nomor 14 Tahun 2020
  1. Dokumen perencanaan
  2. Dokumen hasil pembandingan
  3. Dokumen hasil negosiasi
  4. Surat pemesanan
  5. Berita acara serah terima
  6. Bukti pembayaran (Bukti Pembayaran Barang/ Jasa yang diperoleh saat menyetor harga barang/jasa)
Sedangkan untuk bukti PBJ Satuan Pendidikan melalui luring (luar jaringan), dokumen yang harus disiapkan sama halnya dengan PBJ melalui SIPLah (daring),  hanya saja dokumen surat pemesanan diganti dengan bukti kesepakatan.

Berikut bukti PBJ Satuan Pendidikan melalui luring :
  1. Dokumen perencanaan PBJ Satuan Pendidikan
  2. Dokumen hasil pembandingan
  3. Dokumen hasil negosiasi
  4. Bukti kesepakatan
  5. Berita acara serah terima
  6. Bukti pembayaran.