Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Contoh RPP Satu Lembar atau Satu Halaman

Salah satu pokok kebijakan "Merdeka Belajar" yang tengah diprogramkan Kemdikbud, yaitu Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP). Penyusunan RPP oleh Pendidik diarahkan untuk dilakukan dengan prinsip efesien, efektif dan berorientasi pada peserta didik.
Efisien berarti penulisan RPP dilakukan dengan tepat dan tidak menghabiskan banyak waktu dan tenaga, Efektif berarti penulisan RPP dilakukan untuk mencapai tujuan pembelajaran dan Berorientasi pada murid berarti penulisan RPP dilakukan dengan mempertimbangkan kesiapan, ketertarikan, dan kebutuhan belajar murid di kelas.

Guru bebas membuat, memilih, mengembangkan, dan menggunakan RPP sesuai dengan prinsip efisien, efektif, dan berorientasi pada murid. Guru-guru sering diarahkan untuk menulis RPP dengan sangat rinci sehingga banyak menghabiskan waktu yang seharusnya bisa lebih difokuskan untuk mempersiapkan dan mengevaluasi proses pembelajaran itu sendiri.

Dengan pokok kebijakan Merdeka Belajar yang dicanangkan oleh Nadiem Anwar Makarim selaku Menteri Pendidikan dan Kebudayaan yang baru, Guru secara bebas dapat memilih, membuat, menggunakan dan mengembangkan rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP).

RPP bisa dibuat oleh Guru cukup satu lembar atau halaman saja dengan memuat 3 (tiga) komponen inti RPP yaitu tujuan pembelajaran, kegiatan pembelajaran dan penilaian pembelajaran (assesmen) sedangkan komponen lain sebagai pelengkap. Tujuan pembelajaran ditulis dengan merujuk kepada kurikulum dan kebutuhan belajar murid, kegiatan belajar dan asesmen dalam RPP ditulis secara efisien.

Baca JugaStruktur Kurikulum 2013 jenjang SMP/MTs Terbaru

Guru dapat menggunakan format RPP yang telah dibuatnya, Guru dapat pula memodifikasi format RPP yang sudah dibuat sesuai dengan prinsip efisien, efektif, dan berorientasi kepada murid.

Berikut contoh RPP satu lembar/ halaman :

Satuan Pendidikan  : SD ..................................
Kelas/ Semester : I (satu) / II (dua)
Tema  : Benda, Hewan, dan Tanaman di Sekitarku (Tema 7)
Subtema : Tanaman di Sekitarku (Sub Tema 3)
Muatan Terpadu  : Bhs. Indonesia, PJOK, SBDP
Pembelajaran ke : IV (empat)
Alokasi Waktu : 1 hari

A. TUJUAN PEMBELAJARAN
  1. Setelah mengamati, siswa dapat mengidentifikasi ciri-ciri karya ekspresi tiga dimensi teknik dengan benar.
  2. Setelah mengamati, siswa dapat mengidentifikasi alat dan bahan untuk membuat karya tiga dimensi dengan benar.
  3. Setelah mengamati, siswa dapat mengidentifikasi cara menggunakan alat dan bahan untuk membuat karya tiga dimensi dengan benar.
  4. Setelah mengamati, siswa dapat membuat karya karya tiga dimensi sesuai dengan ide/gagasan, tema, dan obyek yang telah ditentukan dengan benar.
  5. Setelah mengamati, siswa dapat menyebutkan ungkapan pemberian pujian dengan benar.
  6. Setelah mengamati, siswa dapat menulis ungkapan pujian dengan tepat.
  7. Setelah mengamati, siswa dapat menjelaskan gerak dasar menekuk dan meliuk sesuai irama (ketukan) tanpa/dengan iringan musik dalam aktivitas gerak berirama dengan benar.
  8. Setelah mengamati, siswa dapat mempraktikkan gerak dasar menekuk dan meliuk sesuai irama (ketukan) tanpa/dengan iringan musik dalam aktivitas gerak berirama dengan benar
B. KEGIATAN PEMBELAJARAN

Kegiatan Deskripsi Kegiatan Alokasi Waktu
Orientasi/
Apersepsi/ Motivasi
  1. Kelas dimulai dengan dibuka dengan salam, menanyakan kabar dan mengecek kehadiran siswa.
  2. Menyanyikan  salah  satu  lagu  wajib  dan  atau  nasional.  Guru memberikan    penguatan    tentang    pentingnya    menanamkan semangat Nasionalisme.
  3. Mengulas sedikit materi yang telah disampaikan hari sebelumnya
10
menit
Inti
Ayo Berkreasi.     
  1. Siswa menjawab pertanyaan guru tentang cara membuat pohon tiga dimensi yang sudah dilakukan pada pertemuan sebelumnya.(HOTS).
  2. Siswa mengumpulkan bahan-bahan dan membuat rencana maket taman yang akan dibuat bersama kelompok.
  3. Siswa membuat berbagai bentuk tanaman tiga dimensi, lalu menyusunnya menjadi sebuah taman (maket kebun).  (Creativity and Innovation)

Ayo Berlatih.    
  1. Siswa  membandingkan  hasil  karya  tiga  dimensi  dengan  hasil karya beberapa teman.
  2. Siswa  berlatih  menuliskan  kalimat  pujian  untuk  teman,  sesuai keunggulan karya yang ditunjukkan teman-teman.(Creativit and Innovation)
Ayo Mencoba
  1. Siswa bermain menirukan gerak tanaman sesuai penjelasan yang ada pada buku.
  2. Siswa berlatih  membuat cerita sendiri. Cerita yang menunjukkan gerakan tanaman. Lakukan gerakan sesuai cerita yang dibacakan.(Creativity and Innovation)
150
menit
Penutup
Refleksi

1). Guru  dan  siswa  melakukan  kegiatan  refleksi  hari  itu.  Dalam kegiatan refleksi guru memberikan beberapa pertanyaan berikut ini :
  • Apa yang kamu pelajari hari ini? 
  • Bagaimana   perasaanmu   saat   membuat   karya   kolase, menirukan gerak tanaman, dan membuat kalimat pujian?
  • Kegiatan apa yang paling kamu sukai?
  • Informasi apa yang ingin kamu ketahui lebih lanjut?
2). Bagaimana caramu untuk mendapatkan informasi tersebut?2.   Guru  menyampaikan  tugas  dirumah  kerja  sama  dengan  Orang Tua,    Siswa    menyelesaikan    tugas    rumah    sendiri    dengan bimbingan orang tua. (Mandiri)
3).Menyanyikan   salah   satu   lagu   daerah   untuk   menumbuhkanNasionalisme, Persatuan,danToleransi.
4). Salam   dan   do’a   penutup   di   pimpin   oleh   salah   satu   siswa. (Religius)
15
menit