Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Persiapan Pengadaan Barang dan Jasa di Sekolah


Pengadaan Barang/Jasa oleh Satuan Pendidikan yang selanjutnya disebut PBJ Satuan Pendidikan adalah kegiatan pengadaan barang/jasa oleh Satuan Pendidikan melalui Penyedia yang dibiayai oleh dana yang dikelola Satuan Pendidikan.

Sebagaimana dikutip dari salinan Permendikbud Nomor 14 Tahun 2020 tentang Pedoman Pengadaan Barang dan Jasa Oleh Satuan Pendidikan, dalam pelaksanaan PBJ di Sekolah terdapat pelaku PBJ, yaitu pelaksana dan penyedia. 

Download Pengadaan Barang/ Jasa oleh Satuan Pendidikan tahun 2020 di SINI

Pelaksana PBJ

Pelaksana merupakan kepala satuan pendidikan atau kepala sekolah serta berwenang dan bertanggung jawab melaksanakan PBJ Satuan Pendidikan. Dalam melaksanakan kewenangan dan tanggung jawab Pelaksana , kepala Satuan Pendidikan dapat menunjuk pendidik dan/atau tenaga kependidikan secara perorangan atau kelompok kerja untuk melaksanakan PBJ Satuan Pendidikan. Penunjukan pendidik dan/atau tenaga kependidikan ditetapkan oleh kepala Satuan Pendidikan.

Penyedia PBJ

Penyedia berupa perorangan atau badan usaha yang memenuhi syarat dan kriteria :
  • Memiliki nomor pokok wajib pajak
  • Memiliki identitas penyedia
  • Mempunyai kemampuan untuk menyediakan barang/jasa.
Selain syarat-syarat diatas, PBJ Satuan Pendidikan melalui SIPLah harus memenuhi syarat dan kriteria sebagaimana tercantum dalam SIPLah.

Tahapan Pengadaan Barang dan Jasa Oleh Satuan Pendidikan

PBJ Satuan Pendidikan dilakukan melalui tahap :
a. Persiapan pengadaan
b. Penetapan Penyedia
c. Pelaksanaan kesepakatan pengadaan.

Persiapan pengadaan merupakan kegiatan untuk menetapkan dokumen perencanaan PBJ Satuan Pendidikan.

Dokumen perencanaan PBJ Satuan Pendidikan paling sedikit berisi : 
a. Jumlah barang/jasa
b. Spesifikasi/ruang lingkup barang/jasa
c. Waktu dan lokasi serah terima
d. Alokasi anggaran
e. Persyaratan penyedia.

Persiapan pengadaan dapat dikecualikan terhadap pengadaan barang/jasa yang bernilai paling banyak Rp10.000.000,00 (sepuluh juta rupiah).

Persiapan dokumen perencanaan PBJ Satuan Pendidikan dilakukan oleh Pelaksana berdasarkan kebutuhan barang/jasa Satuan Pendidikan dan rencana kegiatan dan anggaran Satuan Pendidikan.

Penetapan Penyedia meliputi pemilihan dan penetapan calon Penyedia dan pembuatan kesepakatan pengadaan. Penetapan Penyedia dilakukan oleh Pelaksana berdasarkan dokumen perencanaan PBJ Satuan Pendidikan yang dilakukan melalui SIPLah.

Pemilihan dan penetapan calon Penyedia dilakukan berdasarkan perbandingan harga dan kualitas barang/jasa.

Pelaksanaan kesepakatan pengadaan meliputi pengiriman barang/jasa, pemeriksaan barang/jasa, penerimaan barang/jasa dan pembayaran.

Pengiriman barang/jasa dilakukan oleh Penyedia.  Pemeriksaan barang/jasa dilakukan oleh Pelaksana, dalam hal hasil pemeriksaan barang/jasa tidak sesuai dengan kesepakatan, Penyedia wajib melakukan penyesuaian barang/jasa dalam jangka waktu yang disepakati. Penerimaan barang/jasa dilakukan apabila hasil pemeriksaan barang/jasa sesuai dengan kesepakatan.  Pelaksana melakukan pembayaran setelah berita acara serah terima disetujui.

Bilamana terdapat ketidaksesuaian barang/jasa, biaya yang timbul akibat ketidaksesuaian tersebut merupakan tanggung jawab Penyedia.

Satuan pendidikan sebagai entitas layanan pendidikan dalam melakukan pengelolaan dana dan belanja barang/jasa untuk mencapai tujuan pendidikan harus dilakukan sesuai dengan kebutuhan dan dapat terkelola secara efektif, efisien, transparan, dan akuntabel.