24 October 2019

Cara Daftar atau Registrasi Akun SIMPKB

https://www.tendikpedia.com/2019/10/cara-daftar-atau-registrasi-akun-simpkb.html
Foto ragam fitur SIMPKB

Sistem Informasi Manajemen (SIM) merupakan alat penghasil informasi yang menekankan pada alat untuk membantu dalam pengambilan keputusan, serta digunakan untuk melakukan pengendalian atau kontrol, analisis dan visualisasi, yang terdiri atas kumpulan interaksi dari sub-subsistem informasi. Sistem informasi manajemen yang digunakan dalam pelaksanaan pelatihan Kurikulum 2013 bagi guru menggunakan Sistem Informasi Manajemen Program Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (SIM-PKB).

Tujuan penggunaan SIM-PKB adalah sebagai alat bantu dalam proses pengolahan, pengendalian, dan pelaporan pelatihan Kurikulum 2013. SIM-PKB dikembangkan oleh Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan dan digunakan oleh seluruh komponen terkait dalam kegiatan pelatihan kurikulum 2013.

Untuk bisa menikmati layanan SIMPKB, pastikan terlebih dahulu memiliki akun login menggunakan nomor peserta uji kompetensi guru (UKG) dan password. Bila belum memiliki akun login SIMPKB, maka Bapak/ Ibu harus registrasi akun dengan melakukan tahapan berikut ini.

Mendaftar akun SIMPKB bisa dilakukan sendiri menggunakan perangkat (smarphone, laptop/PC) yang terhubung dengan internet atau dapat juga menghubungi admin Dinas Pendidikan Kabupaten/ Kota setempat untuk mengaktifkan akun SIMPKB.

Pada ulasan cara daftar akun SIMPKB kali ini dilakukan secara mendiri, perhatikan langkah-langkahnya ;


  • Masukan nomor peserta UKG pada kolom Nomor Peserta UKG (bacaCara Melihat Nomor Peserta UKG) dan tanggal/bulan/lahir yang benar serta mencentang kotak Saya Bukan Robot, pastikan data yang diisi sudah benar sebelum mengklik Register

  • Setelah mengklik Register, selanjutnya cetak atau simpan Surat Pemberitahuan Layanan yang berisi informasi akun login SIMPKB terdiri dari Username dan Password. Harap simpan informasi yang terdapat pada Surat Pemberitahuan Layanan karena sifatnya sangat rahasia.
Surat Pemberitahuan Layanana SIMPKB

Setelah proses daftar akun SIMPKB selesai, maka dengan menggunakan Username dan Password Bapak/ Ibu sudah bisa login dan menikmati layanan SIMPKB di SINI

Demikian ulasan singkat tentang cara registrasi akun SIMPKB, semoga bisa bermanfaat dan membantu.