Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Perubahan KI dan KD Pendidikan Dasar dan Menengah

Perubahan KI dan KD Pendidikan Dasar dan Menengah

Tujuan  kurikulum  mencakup  empat kompetensi,  yaitu    (1)  kompetensi  sikap spiritual,  (2)  sikap sosial,  (3)  pengetahuan,  dan  (4)  keterampilan.  Kompetensi tersebut  dicapai  melalui  proses pembelajaran  intrakurikuler,  kokurikuler, dan/atau  ekstrakurikuler.

Dengan pertimbangan untuk memenuhi kebutuhan  dasar  peserta  didik dalam mengembangkan  kemampuannya  pada  era digital,  perlu  menambahkan  dan mengintegrasikan muatan  informatika  pada kompetensi  dasar  dalam kerangka  dasar  dan struktur  kurikulum  2013  pada jenjang pendidikan dasar dan pendidikan menengah, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan menerbitkan Permendikbud nomor 37 tahun 2018 tentang Perubahan Atas Peraturan Menteri Pendidikan nomor  24 tahun 2016 tentang Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar Pembelajaran Pada Kurikulum 2013 Pada Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah.

Peraturan  Menteri  Pendidikan  dan  Kebudayaan  Nomor  24 Tahun  2016  tentang  Kompetensi  Inti  dan  Kompetensi  Dasar  Pelajaran  pada  Kurikulum  2013  pada  Pendidikan  Dasar  dan Pendidikan  Menengah disisipkan satu pasal diatara pasal 2 dan pasal 3, yaitu pasal 2A yang berbunyi

Pasal 2A
  1. Muatan  informatika  pada  Sekolah Dasar/Madrasah Ibtidaiyah  (SD/MI)  dapat digunakan  sebagai  alat pembelajaran dan/atau dipelajari ekstrakurikuler dan/atau muatan lokal.
  2. Mata  Pelajaran  Informatika   melalui pada Sekolah Menengah Pertama/Madrasah Tsanawiyah (SMP/MTs)  dan  Sekolah  Menengah Atas/Madrasah Aliyah  (SMA/MA)  dimuat  dalam  Kompetensi  Dasar yang digunakan sebagai acuan pembelajaran.
Selengkapnya silahkan unduh Permendikbud nomor 37 tahun 2018 tentang Perubahan Atas Peraturan Menteri Pendidikan nomor  24 tahun 2016 tentang Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar Pembelajaran Pada Kurikulum 2013 Pada Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah pada tautan dibawah ini.

Unduh Permendikbud 37 tahun 2018

Permendikbud nomor 37 tahun 2018 mulai berlaku sejak tanggal diundangkan, yaitu pada tanggal 20 Desember 2018.