Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

KI dan KD Bahasa Indonesia Kurikulum 2013 SMA/SMK/MA/MAK (PEMINATAN) Revisi 2017

Dengan pertimbangan perkembangan dan kebutuhan pendidikan saat ini diperlukan perbaikan Kompetensi  Inti dan Kompetensi Dasar yang mengakomodasikan prinsip-prinsip untuk memperkuat proses pembelajaran, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan menetapkan Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan nomor 24 tahun 2016 tentang Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar Pelajaran pada Kurikulum 2013 pada Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah.

ki dan kd sma/smk revisi 2017


Sebelumnya, peraturan yang mengatur tentang Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar Pelajaran pada Kurikulum 2013 tertuang dalam Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 57 Tahun 2014 tentang Kurikulum 2013 Sekolah Dasar/Madrasah Ibtidaiyah, Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 58 Tahun 2014 tentang Kurikulum 2013 Sekolah Menengah Pertama/Madrasah Tsanawiyah, Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 59 Tahun 2014 tentang Kurikulum 2013 Sekolah Menengah Atas/Madrasah Aliyah, dan Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 60 Tahun 2014 tentang Kurikulum 2013 Sekolah Menengah Kejuruan/Madrasah Aliyah Kejuruan, dicabut dan dinyatakan tidak berlaku.

Permendikbud nomor 24 tahun 2016 tentang  Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar Pelajaran pada Kurikulum 2013 pada Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah, ditetapkan pada tanggal 7 Juni 2016 dan di undangkan tanggal 29 Juni 2016 memuat kompetensi inti dan kompetensi dasar jenjang SD, SMP, SMA, SMK/ Sederajat.

Berikut ini Kompetensi Inti (KI) dan Kompetensi Dasar (KD) jenjang  Bahasa Indonesia SMA/SMK/MA dan SMA/SMK/MA/MAK (PEMINATAN) sesuai dengan lampiran Permendikbud Nomor 24 Tahun 2016. Silahkan Bapak/ Ibu unduh file PDF via google drive dibawah ini;



Kurikulum 2013 pada pendidikan dasar dan pendidikan menengah terdiri atas :
a. kerangka dasar kurikulum
b. struktur kurikulum.

Pelaksanaan pembelajaran pada Sekolah Menengah Pertama/Madrasah Tsanawiyah (SMP/MTs), Sekolah Menengah Atas/Madrasah Aliyah (SMA/MA), dan Sekolah Menengah Kejuruan/Madrasah Aliyah Kejuruan (SMK/MAK) dilakukan dengan pendekatan pembelajaran sebagai mata pelajaran yang berdiri sendiri.

Kompetensi dasar pada kurikulum 2013 berisi kemampuan dan materi pembelajaran untuk suatu mata pelajaran pada masing-masing satuan pendidikan yang mengacu pada kompetensi inti. Kompetensi inti dan kompetensi dasar digunakan sebagai dasar untuk perubahan buku teks pelajaran pada pendidikan dasar dan pendidikan menengah.