Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Dampak dan Cara Melindungi Anak Dari Bahaya Internet

melindungi anak dari internet

Mendidik anak-anak tentang bahaya yang mengintai pada saat online, dan memantau kegiatan mereka merupakan komponen penting untuk meminimalkan risiko hubungan yang tidak tepat atau konten berbahaya yang diperoleh Anak saat online. 

Dengan adanya gadget dalam genggaman dan kemudahan akses internet, maka semakin mudah seseorang untuk mengakses berita apa pun. Untuk orang dewasa mungkin hal ini tidak terlalu menimbulkan dampak negatif, karena sebagai orang dewasa kita dapat memilah-milah isi berita yang layak dinikmati ataupun tidak. Berbeda halnya dengan anak-anak dalam menggunakan gadget, untuk mengurangi efek negatif yang mungkin akan terjadi, orang tua harus menjadi teman bagi anak-anak mereka dan menghabiskan lebih banyak waktu dengan mereka.

Dampak Internet Bagi Anak

Tidak bisa dipungkiri lagi di era digital saat ini, internet menjadi "kebutuhan" masyarakat dunia yang dapat membantu pekerjaan maupun dalam hal berkomunikasi. Namun demikian, selain berdampak positif terhadap manusia tidak sedikit pula dampak negatif yang diakibatkan oleh internet itu sendiri. Jika dilihat dari segi positifnya, kehadiran internet tentu berkontribusi besar secara global dalam hal teknologi informasi, perbankan, industri, pendidikan dan lain sebagainya.

Dari beragam manfaat internet, namun internet patut untuk di waspadai dalam penggunaannya terutama oleh anak-anak. Peran penting orang tua harus lebih warning terhadap pengawasan anaknya jika terkoneksi dengan internet. Berbagai permainan online, internet, serta handphone membuat anak lebih individual. Banyaknya macam pilihan teknologi juga menjadikan anak kurang dalam kegiatan aspek sosial. 

Menurut data yang dikutip dari beberapa sumber, menyebutkan ada sekitar 42 juta anak berusia antara 5 dan 17 tahun saat ini memiliki akses internet, dan akses ini sering tanpa pengawasan. 1 dari 5 siswa sekolah menengah, siswa SMP dan SMA telah bertemu secara langsung dengan seseorang yang mereka kenal secara online dan tidak kenal sebelumnya, dan jumlah ini terus bertambah. Mengingat banyak kejahatan yang terjadi karena penggunaan Internet yang tidak tepat yaitu penculikan, perampokan dan banyak hal negatif lain yang terjadi tentu hal ini sangat mengkhawatirkan dan orang tua perlu sadar akan hal ini.

Melindungi Anak Dari Bahaya Internet

Peran dan tanggung jawab orang tua untuk memonitor apa yang anak-anak mereka tonton dan seberapa sering mereka bermain video game dan mengakses Internet serta memeriksa fitur-fitur yang terdapat dalam gadget anak. Selanjutnya, pemerintah harus benar-benar mengatur hukum untuk mengurangi hal-hal yang kurang pantas untuk di tonton oleh anak-anak dibawah umur baik dalam TV, Internet atau video game.

Berikut ini kiat-kiat yang dapat diterapkan untuk melindungi anak dari dampak negatif internet :
  • Tempatkan perangkat komputer di area yang dapat terlihat
  • Luangkan waktu untuk mendampingi anak dalam mengakses internet
  • Orang tua perlu memiliki pengetahuan tentang Internet
  • Rutin mengawasi anak secara rutin, termasuk memeriksa gadget anak
  • Sampaikan dampak nagatif internet kepada anak
  • Kontrol sesi waktu anak dalam hal penggunaan internet
  • Jalinlah komunikasi dengan anak terkait perkembangan teknologi informasi
  • Arahkan anak menggunakan internet dalam hal mencari referensi untuk pelajaran
Internet sehat bagi anak dalam pengawasan atau kontrol langsung dari orang tua akan memberikan nilai positif dalam penggunaan internet, baik di sadari atau tidak pengawasan terkontrol tidak bisa di lakukan orang tua setiap harinya. Dalam mendidik dan memberi pengertian kepada anak sejak dini, setidaknya telah menanamkan arti dan kegunaan internet secara sehat. Penggunaan internet tanpa kontrol dan pengawasan akan sangat membahayakan anak, apalagi di jaman yang serba vulgar sekarang ini, setiap tingkah perilaku di internet bisa dengan mudah di tiru oleh anak.

Sumber : (dari berbagai sumber)