Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cek Data Daerah Khusus

tunjangan khusus

Tunjangan khusus adalah tunjangan yang diberikan kepada guru sebagai kompensasi atas kesulitan hidup yang dihadapi dalam melaksanakan tugas di daerah khusus yang ditujukan untuk mewujudkan amanat Undang-Undang Guru dan Dosen antara lain mengangkat martabat guru, meningkatkan kompetensi guru, memajukan profesi guru, meningkatkan mutu pembelajaran, dan meningkatkan pelayanan pendidikan yang bermutu.

Guru penerima tunjangan khusus harus memenuhi kriteria yang tercantum dalam petunjuk teknis (Juknis) penyaluran tunjangan khusus yang diterbitkan. Adapun kriteria Guru penerima tunjangan khusus memiliki kriteria, diantaranya yaitu Guru yang ditugaskan mengajar di daerah khusus oleh pemerintah atau pemerintah daerah pada satuan pendidikan, baik satuan pendidikan yang diselenggarakan oleh pemerintah, pemerintah daerah atau masyarakat (yayasan).

Kriteria daerah khusus dan penetapan daerah khusus ditetapkan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan berdasarkan data dari Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (KDPDTT) dan data dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, yaitu daerah yang terpencil atau terbelakang, daerah dengan kondisi masyarakat adat yang terpencil, daerah perbatasan dengan negara lain, daerah yang mengalami bencana alam, bencana sosial, atau daerah yang berada dalam keadaan darurat lain.

Untuk daerah khusus dapat dicek di website Kemendesa, atau dapat juga langsung mengunjungi link Indeks Desa Membangun (IDM)

Untuk daerah khusus adalah kategori desa Sangat Tertinggal. Untuk pengisian nama desa pada aplikasi Dapodik tidak diketik manual, melainkan dipilih berdasarkan referensi yang tersedia pada aplikasi Dapodik. Bila ditemukan belum/ masih ada desa yang masuk dalam aplikasi Dapodik, operator sekolah dapat melaporkan ke admin/ operator data pada Dinas Pendidikan kabupaten/kota setempat untuk dilanjutkan ke admin/ tim dapodik pusat.