Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Registrasi Akun Operator Sekolah Pada Website SDM Data Kemdikbud

daftar akun operator sekolah

Jaringan Pengelolaan Data Pendidikan merupakan media komunikasi antara pengelola data pendidikan secara vertikal maupun horizontal.

Setiap satuan pendidikan (Sekolah) jenjang PAUD, SD, SMP, SMA dan SMK yang memiliki operator sekolah dalam mengelola data pada satuan pendidikan, melalui operator sekolah yang telah ditunjuk oleh kepala sekolah dalam mengelola data, operator sekolah harus registrasi akun pada laman website SDM - PDSPK Kemdikbud. Hal ini dilakukan guna untuk melakukan lanjutan proses pendataan pada aplikasi dapodikdasmen maupun dapodik-paud, seperti verifikasi data peserta didik (VervalPD), verifikasi data PTK (VervalPTK) serta verifikasi satuan pendidikan. 

Untuk tahapan pendaftaran akun operator sekolah pada website Jaringan Data Pendidikan dapat dilihat pada langkah-langkah berikut :

  • Sebelum melakukan registrasi anggota, pastikan Surat Penugasan sebagai Operator Sekolah sudah ditanda tangani dan di cap serta di scan terlebih dahulu dengan format file PDF maksimal 2MB.
  • Masuk ke website SDM-PDSPK di http://sdm.data.kemdikbud.go.id/
  • Pada menu "Registrasi Anggota" klik tanda panah dan pilih "Operator Sekolah"
  • Kemudian isi biodata diri operator sekolah, seperti nama, email pribadi, jenis kelamin, alamat dan lainnya
  • Setelah mengisi biodata, lanjutkan dengan meng-upload file Surat Penugasan yang sudah di scan sebelumnya, kemudian klik "Registrasi" (sebelum klik registrasi cek kebenaran data yang sudah di isi pada formulir biodata). Sampai disini, proses registrasi akun operator sekolah pada website http://sdm.data.kemdikbud.go.id/ telah selesai, hanya menunggu persetujuan admin PDSPK.
  • Setelah tahapan registrasi selesai, kemungkinan butuh waktu hitungan jam hingga hari sebelum admin PDSPK menyetujui pendaftaran sebelumnya. Untuk mengetahui status pendaftaran dengan cara mengunjungi website http://sdm.data.kemdikbud.go.id/ dan pilih menu "Status Pendaftaran" kemudian masukan email yang diisi pada formulir registrasi sebelumnya
  • Bila status pendaftaran diterima/ akun telah aktif terlihat seperti Gambar A, sedangkan akun yang belum aktif terlihat seperti gambar B di bawah ini

Gambar A

Gambar B


Demikian langkah-langkah registrasi akun operator sekolah pada website SDM Data Kemdikbud