Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Ayo Pahami Hak-Hak Anak !


"Setiap anak berhak untuk hidup, tumbuh, berkembang dan berpartisipasi secara wajar sesuai harkat dan martabat kemanusiaan, serta mendapat perlindungan dari kekerasan dan diskriminasi (pasal 4 undang-undang perlindungan anak)".

Anak adalah tunas, potensi dan generasi muda penerus bangsa, anak harus sepenuhnya dipersiapkan menjalani kehidupan sebagai pribadi dalam masyarakat dan dibesarkan dengan semangat perdamaian, martabat, toleransi, kebebasan, kebersamaan dan solidaritas. 

Tidak semua orangtua atau orang disekitar anak menyadari bahwa apakah anak sudah terpenuhi hak-haknya atau belum. Perlu melibatkan banyak pihak untuk memenuhi hak-hak anak, demi kemajuan tumbuh kembang serta perlindungan kepada anak yang seutuhnya. Kita sering kali mendengar terkadang melihat tindakan kekerasan terhadap anak, baik di rumah, sekolah maupun dilingkungan sekitar anak. 

Lalu, apa saja hak-hak anak yang harus dipenuhi? berikut hak anak sesuai dengan amanat UU Nomor 23 Tahun 2002 tentang Perlindungan anak :

Setiap anak berhak :

  1. Atas suatu nama sebagai identitas diri dan status kewarganegaraan
  2. Untuk mengatahui orang tuanya, dibesarkan, dan diasuh oleh orangtuannya sendiri.
  3. Untuk beribadah menurut agamanya, berpikir dan berekspresi sesuai dengan tingkat kecerdasan dan usianya, dalam bimbingan orangtua.
  4. Memperoleh pelayanan kesehatan dan jaminan sosial sesuai dengan kebutuhan fisik, mental, spritual dan sosial
  5. Memperoleh pendidikan dan pengajaran dalam rangka pengembangan pribadinya dan tingkat kecerdasannya sesuai dengan minat dan bakatnya
  6. Menyatakan dan didengar pendapatnya, menerima, mencari, dan memberikan informasi sesuai dengan tingkat kecerdasan dan usianya demi pengembangan dirinya sesuai dengan nilai-nilai kesusilaan dan kepatutan.
  7. Untuk beristirahat dan memanfaatkan waktu luang, bergaul dengan anak yang sebaya, bermain, berekreasi dan berekreasi sesuai dengan minat, bakat, dan tingkat kecerdasannya demi pengembangan diri.
  8. Anak penyandang cacat berhak memperoleh rehabilitasi, bantuan sosial dan pemeliharaan taraf kesejahteraan sosial.
  9. Untuk diasuh orangtuanya sendiri, kecuali jika ada alasan dan/atau aturan hukum yang sah menunjukkan bahwa pemisahan itu adalah demi kepentingan terbaik bagi anak dan merupakan pertimbangan terakhir.
  10. Untuk memperoleh perlindungan dari penyalahgunaan dalam kegiatan politik, pelibatan sengketa bersenjata, pelibatan dalam kerusuhan sosial, pelibatan peristiwa yang mengandung unsur kekerasan dan pelibatan dalam peperangan.
  11. Untuk mendapatkan perlindungan dari sasaran penyiksaan
  12. Mendapatkan bantuan hukum dan bantuan lainnya
Selain hak-hak yang diperoleh anak, anak juga memiliki kewajiban yang harus dilakukan dilingkungan keluarga maupun dilingkungan luar, berikut ini macam-macam kewajiban anak :


  1. Menghormati orangtua, wali, maupun gurunya
  2. Mencintai keluarga, teman, dan masyarakat disekitar
  3. Mencintai tanah air, bangsa dan negaranya
  4. Melaksanakan ibadah sesuai agama kepercayaannya
  5. Selalu melaksanakan etika serta akhlak mulia
UNDUH Pdf File