Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Buku Saku Tanya Jawab UN 2016




Ujian Nasional (UN) merupakan amanah Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional dan amanah Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005 yang direvisi menjadi Peraturan Pemerintah Nomor 32 Tahun 2013 dan Peraturan Pemerintah Nomor 13 Tahun 2015 tentang Standar Nasional Pendidikan. 

Pelaksanaan Ujian Nasional tahun 2016 mengacu pada Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 57 Tahun 2015 tentang Penilaian Hasil Belajar oleh Pemerintah Melalui Ujian Nasional. Tujuan dari pelaksanaan Ujian Nasional (UN) untuk mengukur pencapaian kompetensi lulusan pada mata pelajaran secara nasional dengan mengacu pada Standar Kompetensi Lulusan (unduh :SKL Satuan Pendidikan & Kelompok Mapel). 

Meskipun hasil UN tidak lagi menjadi syarat sebagai penentu kelulusan dari satuan pendidikan, nilai sekolah/madrasah tetap dikirimkan ke Puspendik agar dapat digunakan untuk analisis penilaian hasil belajar oleh satuan pendidikan dan ujian nasional sebagai penilaian hasil belajar oleh pemerintah.

Disamping itu, hasil ujian nasional (UN) dapat dimanfaatkan/ digunakan untuk pemetaan mutu program pendidikan atau satuan pendidikan (SP), pertimbangan seleksi masuk jenjang pendidikan berikutnya dan juga digunakan sebagai dasar pembinaan dan pemberian bantuan kepada satuan pendidikan untuk pemerataan dan peningkatan mutu pendidikan. Pemerintah Daerah (Pemda) juga dapat memanfaatkan hasil UN untuk melakukan pemetaan pencapaian standar peserta didik, satuan pendidikan maupun wilayah.

Ada banyak hal tentang Ujian Nasional (UN) yang patut diketahui. Bagi Sekolah, Guru, Orangtua, Siswa/Peserta Didik dan Masyarkat yang ingin tahu lebih banyak tentang UN dapat mengunduh Buku Saku Tanya Jawab UN yang diterbitkan oleh Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP).


Unduh : Buku Saku UN