Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Batasi Penggunaan Game Online Oleh Anak, Ini Tipsnya !

google.co.id

Bermain game online yang baik dapat menghibur tanpa resiko yang berdampak buruk terhadap anak, namun harus tetap dimainkan dengan porsi yang sesuai dan seimbang dengan berbagai alternatif kegiatan lain. 

Game itu tergantung cara penggunaannya. Jangan anti game, jangan juga buta pro game. Tidak semua game memiliki karakteristik yang cocok untuk dimainkan oleh anak semua umur. Orangtua perlu tahu dan peduli bahwa ada sistem rating yang memberikan peringatan pembelinya tentang kecocokan konten untuk dimainkan anak usia tertentu, sehingga anak terhindar dari dampak buruknya.


Berbagai pihak disekeliling anak wajib bertanggungjawab terhadap anak yang termasuk rentan terhadap berbagai pengaruh teknologi. Ironisnya lagi, sebagian besar orangtua amat awam terhadap model game dan tidak menyadari bahwa tidak semua game cocok bagi mereka (anak-anak).


Mendikbud juga mendorong pencinta game (gamers) yang telah memahami sistem rating dalam game ikut menyebarkannya kepada orangtua dan guru.


Berikut tips mencegah kecanduan game yang diungkapkan oleh Direktur Indonesia Heritage Foundations (IHF) Wahyu Farrah Dina :

  1. Susun jadwal anak sebagai pengganti game, seperti olahraga, seni dan aktivitas lainnya (selain game)
  2. Jauhkan peralatan dan software game secara bertahap
  3. Letakkan peralatan game diruang terbuka, bukan dikamar anak
  4. Jangan kenalkan game kepada anak dibawah usia 8 tahun, kecuali game educatif.
Game online menjadi salah satu dari lima potensi bahaya yang tersembunyi dalam pemanfaatan internet karena tak jarang menampilkan adegan kekerasan. Beberapa bahaya lainnya dari internet adalah cyber bullying, cyber fraud, pornografi, dan cyber stalking.

Game online membuat para gamers hanya fokus terhadap game yang dimainkan dan menjadi malas melakukan hal lain yang jelas kurang menarik dibanding game online seperti bekerja, belajar, mengerjakan tugas, bersih-bersih rumah, dll


Berkaitan dengan pengertian game online Young (2005) mengemukakan bahwa game online adalah permainan dengan jaringan, dimana interaksi antara satu orang dengan yang lainnya untuk mencapai tujuan, melaksanakan misi, dan meraih nilai tertinggi dalam dunia virtual. Lebih lanjut dapat dikatakan game online adalah suatu permainan yang dimainkan dikomputer dan dilakukan secara online (melalui internet) dan bisa dimainkan oleh banyak orang secara bersamaan.